Latest News

Cara Menyimpan Madu Agar Sehat dan Awet



[WM] – Madu merupakan salah satu produk yang dihasilkan lebah. Madu berasal dari sari bunga yang disesap oleh lebah. Di dalamnya terdapat banyak zat dan enzim yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Di antaranya berupa glukosa, fruktosa, maltosa, sukrosa, enzim diatase, enzim invertase dan karbohidrat. Selain madu, lebah sebenarnya juga menghasilkan beberapa zat yang berguna yakni, bee pollen, royal jelly dan propolis. Hanya saja selama ini madu adalah yang paling banyak dikenal dan dimanfaatkan.

“....Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (An-Nahl [16]: 69)

Ketersediaan yang terbatas dan harga yang relatif mahal menjadikan madu jarang menjadi menu konsumsi utama. Namun seiring kesadaran akan khasiat pengobatan herbal., saat ini madu mulai banyak dikonsumsi masyarakat. Sayangnya, hal ini kerap dimanfaatkan oleh orang tak bertanggungjawab dengan mengedarkan madu palsu.




Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyimpan madu.
Pertama, siapkan wadah yang baik dan bersih. Usahakan terbuat dari kaca, berbentuk botol akan lebih memudahkan agar bisa ditutup dengan rapat. Hindarkan menggunakan bahan loga karena bisa bereaksi dengan madu.

Kedua, cuci sampai bersih wadah yang akan digunakan, bisa terlebih dahulu merebusnya atau mengukusnya kemudian dinginkan dan biarkan sampai kering.

Ketiga, untuk memindahkan/memasukan ke dalam botol hindari menggunakan sendok/alat dari logam. Bisa gunakan bahan plastik yang aman.

Keempat, tutup wadah dengan rapat, dan simpan di tempat yang bersuhu 20-25 derajat celcius. Hindarkan dari sinar matahari secara langsung.

Kelima, penyimpanan dalam kulkas, jika kadar air terlalu banyak maka akan mengkristal. Namun bisa diatasi dengan menghangatkan hingga kristal menghilang. Khasiatnya mungkin tidak akan berkurang hanya warna saja yang berubah.


Selamat Berkreasi!

sumber gambar: kabaikanmadu.blogspot.com

0 Response to "Cara Menyimpan Madu Agar Sehat dan Awet"