Latest News

Tujuh Peluang Bisnis di Bulan Puasa Ramadhan



[WM] - Dunia wirausaha tidak hanya diisi mereka yang bermodal tebal dan cukup dalam ketersediaan fasilitas. Melainkan banyak pula diisi oleh mereka yang pintar membaca peluang yang ada. Bulan puasa atau ramadhan menjadi salah satu saat yang pas untuk memulai bisnis (berwirausaha). Jika jeli melihat peluang ini akan menjadi pijakan yang kuat dalam berusaha.



Peluang bisnis di bulan puasa ramadhan bisa terbagi menjadi dua, yakni musiman dan berkelanjutan. Keduanya memiliki prospek bagus. Karena biasanya di bulan ramadhan tingkat konsumsi masyarakat terhadap suatu barang atau produk cenderung meningkat. Bahkan pada puncaknya, di saat idul fitri terkadang tak terkendali.

Nah, berikut tujuh peluang bisnis di Bulan Ramadhan yang bisa dijajal, terdiri dari empat yang bersifat musiman dan tiga bersifat berkelanjutan.

Pertama, Bisnis Aneka Kue Lebaran. Momen Idul Fitri menjadi saat bagi para keluarga untuk saling berkunjung, maka di rumah mereka pun berusaha menyediakan hidangan aneka kue yang spesial.  Pilihan bisnis membuat kue kering akan sangat menjanjikan. Dengan pemasaran berbasis internet akan sangat membantu. Pemasaran bisa dari kerabat dekat, teman atau kelompok pengajian dan arisan. Gunakan media sosial, BBM, WA dan semacamnya untuk melakukan promosi online, bisa dengan sistem inden jika memang masih takut kue tak laku. Kuncinya pelayanan.

Kedua, peralatan ibadah. Ini juga komoditas yang banyak diburu para konsumen. Dengan banyaknya butik dan produsen yang menawarkan kerjasama. Anda bisa mencoba menjadi agen dengan mengambil paket yang sesuai. Gunakan sarana online sebagai pendukung pemasaran.

Ketiga, Baju Lebaran. Keinginan untuk tampil segar dan beda membuat banyak orang membeli baju untuk Idul Fitri. Ini bisa menjadi peluang manis, apalagi keuntungan dari komoditi ini cukup menggiurkan, dari 30% hingga 60%.

Keempat, Coklat dan minuman segar. Menu ini paling banyak dicari saat berbuka puasa. Jika selama sebulan penuh kita membuka beberapa counter minuman segar, misal dawet, atau es kelapa muda. Dengan modal terbatas bisa meraup keuntungan lumayan. Apalagi jika kita pandai melobi takmir masjid atau acara kegiatan buka puasa, tentu kita tak perlu berjualan di tepi jalan. Cukup melayani pesanan.

Kelima, warung makan. Idul Fitri banyak orang yang lebih suka jajan ketimbang memasak di rumah. Apalagi bagi mereka yang ditinggal mudik pembantu. Maka ramailah warung makan di berbagai tempat. Mereka tak peduli warung makan itu baru atau lama. Nah, momen ini bisa menjadi titik pengenalan kualitas masakan bagi warung baru. Jika memang enak, maka mereka akan tertarik, meski tak sedang idul fitri.

Keenam, jasa jahit baju. Meski tren yang ada orang cenderung suka membeli baju lebaran. Tapi peluang mendirikan rumah jahit saat ramadhan dan idul fitri patut dicoba. Menerima peluang dari mereka yang lebih suka menjahitkan baju ketimbang beli.

Ketujuh, rental kendaraan. Rental kendaraan juga salah satu tempat yang diserbu pelanggan. Dengan pelayanan dan keunggulan yang ada. Usaha ini akan tetap bertahan meski pasca lebaran.

Itulah tujuh peluang bisnis pada bulan ramadhan yang patut dianalisa dan jika memang cocok bisa dilakukan. Semoga berhasil.

Selamat berwirausaha!


(sumber foto : koleksi warta muslimah)

0 Response to "Tujuh Peluang Bisnis di Bulan Puasa Ramadhan"