Latest News

Mengenal Kolak, Makanan Khas Ramadhan


Setiap ramadhan tiba, umat muslim menyambutnya dengan gembira. Tak hanya menjadi peluang untuk giat beribadah, mengumpulkan amal. Melainkan juga sarana melatih kesabaran dan kepedulian kepada sesama. Maka sudah sepatutnya tak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan setelah seharian berpuasa.

kolak pisang ramadhan
www.wikipedia.org


Salah satu makanan khas saat ramadhan adalah kolak. Makanan yang berbahan pisang, ubi, atau singkong yang direbus kemudian diberi kuah santan dan gula. Terkadang diberi tambahan kolang-kaling. Sebagian lagi mencampurkan sari kelapa dan biji mutiara. Bisa dibayangkan betapa lezatnya kudapan ini, apalagi disantap saat berbuka puasa.

Kolak umum disajikan di Jawa dan Sumatra. Meski begitu makanan hampir serupa di setiap daerah juga ada, hanya nama, bahan serta penyajiannya yang agak berbeda. Di minang ada yang disebut bubur kampiun, ada juga setup pisang. Di kepulauan Riau ada yang dinamakan Roti Jala. Di Gresik ada kolak ayam, bahan isian kolakny berupa ayam dan dilengkapi dengan ketan kukus. Hanya saja kolak jenis ini tak berasa manis.

Di luar negeri makanan sejenis kolak juga bisa ditemukan. Singapura dan Malaysia mengenalnya dengan sebutan pengat. Thailand dan Vietnam juga terdapat makanan serupa, di Thailand dikenal sebagai Kluay Duad Chee. Sedang di Vietnam kolak pisang dipadukan dengan biji mutiara disebut Che Chuoi. Jelaslah bahwa makanan kolak populer di Asia Tenggara.

Asal Mula Kolak
Dalam budaya Jawa, lazim dikenal bahwa penamaan suatu barang atau tempat ada sisi filosofinya. Begitu pula dalam makanan kolak. Kata kolak dipercayai berasal dari kata ‘Khalik’ yang berarti Pencipta. Dahulu pisang yang biasa digunakan adalah jenis pisang kepok. Kepok berasal dari kata kapok yang berarti menyesal atau bertaubat. Selian itu juga ada bahan ubi atau tela pendhem (ketela yang terkubur) bermakna mengubur kesalahan yang telah dilakukan.

Secara berurutan dapat ditarik sebuah makna, bahwa kolak yang disajikan pada ramadhan merupakan simbolisasi dari semangat untuk bertaubat dan mengubur kesalahan yang pernah dilakukan. untuk kemudian menjadi pribadi yang lebih bersih dan suci.

Jadi sekarang, selain bisa menikmati kesegaran kolak saat berbuka, kita juga tahu makna dari makanan yang disebut kolak. Eits, tapi berhubung kandungan santan dan gulanya tinggi, ada baiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Bagi yang ingin tahu cara agar santan tidak pecah ketika memasak kolak, silakan simak tip berikut. Tips Agar SantanKolak Tidak Pecah.


(sumber rujukan. Harian republika) 

0 Response to "Mengenal Kolak, Makanan Khas Ramadhan"