Latest News

Tips Memasak Agar Santan Kolak Tak Pecah



[WM] – Kolak menjadi makanan khas ramadhan. Makanan yang banyak dikenal di Jawa ini berbahan utama ubi atau singkong dan pisang. Lebih khusus lagi adalah pisang kepok. Pisang yang biasa diolah menjadi pisang goreng. Bahan tersebut kemudian direbus dengan santan yang diberi gula. Kata kolak sendiri dipercaya berasal dari kata ‘Khalik’ yang berarti pencipta. Dalam budaya Jawa, di awal penyebaran agama Islam, para da’i memang menggunakan bahasa sarana berdakwah. Mereka melakukan penyesuaian kata berbahasa arab menjadi istilah yang mudah diucap dan dihafal. Misal, syahadatain yang kemudian diucap ‘sekaten’ dan sebagainya.

masakan khas ramadhan
www.masakan.asia


Nah begitu juga dengan kolak. Karena memasak dengan kuah dari santan kelapa, yang terkadang menjadi kurang menarik adalah jika kuah menjadi pecah. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dicoba agar santan kolak tidak pecah ketika dimasak. Cara tradisional ini mungkin sudah sering digunakan sebagian muslimah di Indonesia.

Cara agar santan tidak pecah ketika masak kolak bisa dilakukan dengan, Pertama, dengan merebus santan dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih.

Kedua, ketika memasak, masukan satu potong daun pisang berukuran kecil. Masukan ke dalam santan sambil gunakan api sedang. Dengan cara ini santan tidak akan mudah pecah meski jarang diaduk. Hanya perlu diingat, potongan daun pisang terlalu banyak akan meninggalkan aroma dan rasa sepet.

Ketiga, rebus santan dengan garam dan daun jeruk purut sambil diaduk agar santan tak pecah. Angkat dan buang daun jeruk purut lalu campur dengan tepung sagu. Aduk hingga rata.


Selamat Mencoba! 

0 Response to "Tips Memasak Agar Santan Kolak Tak Pecah"