Cara Mudah Mendeteksi Borak Pada Makanan dengan Tusuk Gigi



Cara Mudah Mendeteksi Borak Pada Makanan dengan Tusuk Gigi. Anda yang suka makan bakso, tahu atau makanan lainnya patut gembira. Sebab di tengah maraknya penggunaan borax (zat kimia pengawet) kini ditemukan cara sederhana untuk menguji apakah suatu makanan dicampuri borak atau tidak.

mendeteksi bakso borak
mendeteksi borak pada bakso


Alat pendeteksi borak dari tusuk gigi ini dikenalkan oleh dua siswi SMAN 3 Semarang, yakni Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila. Mereka menguji kandungan borak dengan cara menusukan tusuk gigi ke makananan. Dengan sebelumnya ditusukkan ke kunyit.

Cara menguji kandungan borak pada makanan. Tusukkan tusuk gigi ke kunyit terlebih dahulu. Kemudian tusukkan tusuk gigi pada makanan yang akan diuji selama 5 detik. Bila terdapat kandungan borak maka tusuk gigi akan berwarna merah. Sebab kunyit akan mudah bereaksi jika terkena zat kimia.

Sibodex alat pendeteksi Borax

Alat yang ditemukan kedua isi tersebut dinamakan dengan SIBODEX (stick of borak detector). Penemuan ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014.


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Mendeteksi Borak Pada Makanan dengan Tusuk Gigi"