Latest News

Merencanakan Liburan Keluarga Agar Aman dan Nyaman


Liburan menjadi momen menyenangkan bagi keluarga. Karena bisa berkumpul dan melakukan aktifitas rekreasi dengan gembira. Agar liburan bisa aman dan nyaman perlu dibuat rencana yang matang. Baik dari rencana acara maupun pendanaan. Sehingga di akhir liburan tidak pusing karena hutang.



Sebagian keluarga telah menyisihkan dana untuk keperluan liburan. Yang lainnya tidak demikian, sehingga seringkali untuk dana liburan mesti berhutang. Merencanakan dana liburan bisa diawali dengan menentukan tujuan perjalanan, jumlah anggota keluarga yang ikut berlibur serta berapa lama waktunya. Dengan demikian akan bisa dibuat estimasi dana yang dibutuhkan.

Setelah ada perkiraan dana yang dibutuhkan, selanjutnya menyisihkan secara rutin biayanya. Bisa dengan menyediakan amplop khusus untuk danan liburan, atau membuat rekening tabungan khusus untuk biaya liburan. Ini akan membantu agar biaya untuk liburan tidak tergoda digunakan untuk kebutuhan lain.

Bila dana yang dibutuhkan cukup besar dan rencana keberangkatan masih lama, misalnya 4-5 tahun, maka diperlukan pula penghitungan inflasi. Setidaknya 10% setiap tahunnya. Agar nilai tidak tergerus inflasi bisa diwujudkan dalam tabungan berupa emas.


Bila tidak ada penghasilan tambahan untuk dana liburan, biaya bisa diambilkan dari pos pengeluaran yang bisa dilakukan penghematan. Sehingga tidak mengurangi jatah biaya rutin yang ada.

Beberapa tips yang bisa dicoba agar liburan aman dan nyaman :
1.    Hindari memakai uang bulanan, sebaiknya menyisihkan secara khusus untuk biaya liburan.
2.    Dana bisa disisihkan dari pos pengeluaran bulanan yang dapat dihemat.
3.    Jika menggunakan kartu kredit, lakukan dengan perencanaan.
4.    Kualitas liburan tidak ditentukan jauh-dekatnya lokasi, tetapi cara kita mengemas acara yang ada.
5.    Buat jadwal yang jelas dan rinci, karena ini penting untuk kenyamanan.

6.    Sebelum berangkat, bisa cari informasi detail tempat tujuan sehingga bisa membuat perkiraan yang mendekati ketepatan.

0 Response to "Merencanakan Liburan Keluarga Agar Aman dan Nyaman"