Berapakah Usia yang Tepat Anak Masuk Sekolah Dasar (SD)

[WM] – Awal tahun jaran baru merupakan waktu yang menentukan bagi para calon siswa dan orang tua. Bagi yang di sekolah dasar dan menengah, sibuk mencari sekolah untuk melanjutkan pendidikan. Sedang bagi orang tua yang memiliki anak usia TK, disibukkan dengan mencari sekolah dasar yang tepat untuk anak.




Terkadang dalam benak orang tua timbul pertanyaan, usia berapakah sebetulnya anak boleh masuk sekolah dasar.

“Perintahkanlah anakmu untuk shalat pada usia tujuh (7) tahun.” (Nabi Muhammad SAW.)

Menurut ahli psikologi, usia tujuh tahun dianggap usia yang ideal, sebab dalam umur sekian itu seorang anak telah siap secara fisik dan psikis untuk menerima pelajaran sampai siang hari. Mereka juga telah memiliki kemampuan untuk mengontrol gerak motorik. Begitu juga perkembangan otaknya telah siap.

Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda tentang usia berapa seorang anak bisa masuk ke sekolah dasar. Misalkan di Finlandia, seorang anak boleh masuk SD saat berusia 7 tahun. Sedangkan di Amerika Serikat berusia 6 tahun. Di Indonesia sendiri sejak beberapa tahun terakhir terutama di sekolah negeri telah menerapkan aturan yang lebih ketat yakni 7 tahun.

Bagaimana untuk program akselerasi? Pada intinya jika anak telah dianggap mampu, dengan melihat prestasi belajar dan perilaku selama di sekolah, bisa diikutkan untuk program akselerasi. Intinya kemampuan dan kemauan anak menjadi pertimbangan utama. Tidak ada paksaan dari orang tua atau guru. Orang tua bisa memberikan pengertian kepada anak dan konsultasi dengan guru BK/wali kelas anak.

Selamat Berekspresi!



Sumber foto : dokumen pribadi

Tidak ada komentar untuk "Berapakah Usia yang Tepat Anak Masuk Sekolah Dasar (SD)"