Latest News

Tips Melatih Anak Agar Gemar Menabung



Cara Melatih Anak Agar Gemar Menabung memang semestinya dibiasakan sejak kecil. Agar kelak ketika beranjak dewasa mereka telah terbiasa untuk menabung sebagai bagian dari cara money saving. Dengan menanamkan kepada anak agar mereka lebih menghargai nilai uang dan mengetahui bahwa untuk mendapatkan uang perlu suatu usaha.



Menabung juga merupakan bagian dari sikap menghindarkan diri dari perbuatan boros. Karena perbuatan boros termasuk yang dicela oleh agama. Cara terbaik tentu saja orang tua perlu memberikan contoh kepada anak-anaknya. Beragam cara bisa dilakukan dengan mengajari anak menabung, diantaranya melalui jalan;
1.    Usia Balita. Pada usia ini anak memang belum paham arti uang dan nilainya. Maka pendekatan cerita kisah yang berkaitan dengan perbuatan bersyukur, tanggung jawab dan tolong menolong, akan memberikan kesan kepada mereka.
2.    Usia 5-8 tahun. Pada usia ini anak sudah bisa mengenal angka dan uang. Bisa mulai memberikan uang saku kepada mereka dan mengajarkan bagaimana menabung, yang kemudian bisa diwujudkan untuk membeli apa yang mereka sukai dan beramal. Dengan demikian anak akan merasakan manfaat dari menabung.
3.    Usia 9-12 tahun. Masa ini anak sudah mulai mengenal uang dan memiliki keinginan. Memberikan uang sesuai porsinya dan meminta mereka melaporkan penggunaan uang yang diberikan akan melatih mereka agar lebih bertanggungjawab.
4.    Usia 13-19. Pada masa ini mereka telah memiliki lebih banyak keinginan dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Memberikan pengertian tentang keuntungan menunda pembelian serta mengarahkan mereka perlunya mengetahui pengelolaan uang di masa yang akan datang. Mereka juga sudah bisa diajak berbincang atau bergabung dalam diskusi bisnis.


Dengan langkah-langkah tersebut, berharap anak akan mengerti manfaat menabung. Sekaligus mereka akan lebih menghargai uang yang didapatkan dengan sebuah usaha. Tidak sekedar menengadahkan tangan. (wm/republika)

0 Response to "Tips Melatih Anak Agar Gemar Menabung"