Waspada Berat Tas Anda Bisa Ganggu Kesehatan



Membawa beban tas yang terlalu berat setiap hari ternyata bisa mengganggu keseimbangan postur tubuh. Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan 1 dari 10 perempuan membawa beban di tas nya lebih dari empat kilo, atau setara dengan dengan menggendong bayi yang baru lahir. Beban itu berasal dari peralatan kosmetik, dompet, gadget, laptop, pensil, muken, botol air mineral, buku dan sebagainya.


sumber gambar: www.tasmode.com


Berat beban dari tas yang terus-menerus diterima oleh tubuh bisa membuat psotur tubuh menjadi tak seimbang. Idealnya, beban tas harus terbagi ke badan. Solusinya dengan menggunakan tas ransel atau tas punggung. Dengan tas punggung dampak yang ada bisa dikurangi. Hanya saja juga perlu diperhatikan jenis tas yang ingin digunakan. Termasuk pengaturan panjang tali agar tidak terlalu panjang, sehingga beban tetap bertumpu pada punggung bukan pinggang.

Beberapa Akibat Beban Tas Terlalu Berat
Beban tas yang berat bisa memengaruhi postur tubuh. Selain itu beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul antara lain, milagia (nyeri otot), nyeri sendi, pengapuran atau yang parah adalah skolisiosis (pembengkokan tulang punggung)

Tips Sehat Memilih dan Menggunakan Tas
§  Pilih jenis tas punggung jika Anda biasa membawa beban berat.
§  Pilih yang terbuat dari bahan kuat namun tidak terlalu berat. Hindari tas kulit yang bisa memuat beban semakin berat.
§  Pilih yang ada bantalan pada punggung atau tali (biasanya dari busa), sehingga tas nyaman digunakan.
§  Pilih tali penyangga yang lebar, sehingga beban semakin terbagi rata. Hindari tas dengan tali kecil karena rentan membuat cedera.
§  Jangan membawa beban yang berlebihan, jika memang tidak terpaksa. Buat skala prioritas barang yang akan dibawa.
§  Meletakkan barang di dalam tas dengan posisi yang terberat menempel di punggung (misal laptop), baru di atasnya barang-barang yang relatif ringan.
§  Jika menggunakan tas tangan, usahakan membawanya secara bergantian, kanan dan kiri.
§  Bersihkan tas dari barang-barang yang tak perlu dibawa

Tidak ada komentar untuk "Waspada Berat Tas Anda Bisa Ganggu Kesehatan"