5 Langkah Penting Memulai Bisnis Online



[WM] – Internet telah membuka peluang baru dalam dunia bisnis. Bukan hanya memudahkan dalam akses informasi dan kemudahan transaksi. Internet telah melahirkan sektor industri kreatif yang lebih beragam dan terus berkembang. Banyak orang kemudian tertarik untuk terjuan ke bisnis berbasis online. Karena aneka bisnis online memang menjanjikan banyak keuntungan. Hanya saja perlu diketahui, butuh persiapan untuk melangkah memulai bisnis online.

sumber: www.evanislam.com


Langkah awal bisnis online, pada dasarnya sama dengan bisnis pada umumnya. Karena keduanya memiliki banyak kesamaan. Salah satu perbedaannya, pemilik barang/jasa tidak bertemu secara langsung. Keberhasilan dan kegagalan dalam bisnis online juga menjadi hal biasa, artinya tidak semua yang menekuni bisnis online langsung berhasil. Tidak semudah yang terpikirkan orang, tinggal buka laptop, klik sana-sini kemudian uang datang. Butuh keseriusan dan ketahanan energi untuk bertahan di bisnis online.

Beberapa langkah awal yang perlu disiapkan dalam bisnis online di antaranya;
Pertama, menyiapkan cadangan motivasi dalam berbisnis. Sekali lagi ini penting sebab bisnis online sama seperti bisnis konvensional, ada kemungkinan rugi (bahkan bangkrut) hanya saja dalam bisnis online kita bisa mengawali dari yang serba gratis. Termasuk ketika membuka toko online, dengan bantuan blog gratis dan barang dari pihak lain atau sistem dropship. Bersiaplah gagal, dan bersiaplah memulai lagi dengan langkah yang lebih baik.

Kedua, kenali bidang yang ingin ditekuni. Pilihan pertama mungkin tak menjadi pilihan paling pas, tapi penting untuk diingat. Menentukan pilihan adalah salah satu kunci. Jika kelak pilihan itu tidak tepat, bisa ganti ke jenis lain, tetapi tidak dianjurkan untuk bergonta-ganti. Pilihan bisnis online beragam. Mulai dari toko online, menjadi publisher iklan sampai dengan menjual aneka jasa dan keahlian. Temukan ragam bisnis online.

Ketiga, memanage langkah bisnis. Yang kita lakukan sama dengan bisnis pada umumnya, maka lakukan manajemen yang baik. Susun agenda, lakukan dokumentasi kegiatan yang dilakukan, pencatatan, arsip dan semacamnya. Tentukan pula target dan langkah mencapainya. Intinya bisnis online pun harus terencana. Tidak boleh asal jalan dan dengan waktu sisa, jika memang akan dijadikan usaha utama.

Keempat, cari mentor. Kita bisa belajar dari mereka yang sudah sukses di bidangnya. Bersahabatlah dengan mereka. Lihat bagaimana mereka mengelola web/blog. Bangun komunikasi tapi jangan ‘merepotkan’. Beberapa newbie (pendatang baru) sering terlalu banyak bertanya, sehingga terkadang membuat ‘mentor’ tak nyaman. Jika memang masih bisa cariinfo di google, bisa berusaha sendiri.

Kelima, berhati-hati terhadap penipuan. Dunia online sangat rentan terhadap penipuan. Jangan mudah tergiur dengan berbagai penawaran yang tak masuk akal. Waspada dan selidiki sebelum bertransaksi. Anda bisa memanfaatkan google sebagai media mencari informasi. Ketikan saja, misal ‘toko ekspress penipu’, maka biasanya akan muncul testimoni dari orang yang pernah tertipu. Banyak pula di dunia online penawaran e-book, jasa pembuatan web dan lainnya. Lebih bagus jika kita melakukan langkah keempat di atas dan meminta rekomendasi referensi yang bagus.

Itulah 5 langkah penting sebelum terjun ke bisnis online. Tentu banyak lagi hal yang harus diperhatikan untuk menunjang kesuksesan. Semua butuh proses dan inovasi.


Selamat Berinovasi!

Tidak ada komentar untuk "5 Langkah Penting Memulai Bisnis Online"