3 Cara Jitu Melatih Anak Berpuasa

Puasa Ramadan baru memasuki hari ke-3. Bagi sebagian ibu-ibu muslimah yang memiliki anak usia 5-10 tahun, pasti sedang dalam fase melatih anak berpuasa. Godaan demi godaan datang dari buah. 

3 Cara Jitu Melatih Anak Berpuasa


Merengek, menangis dan mengiba agar diizinkan berbuka. 
Butuh kemantapan hati untuk melatih anak agar tetap semangat berpuasa.  Berikut ini 3 langkah jitu yang bisa dicoba. 

1. Lakukan Secara Bertahap

Perlu proses agar anak bisa berpuasa penuh.  Upayakan jangan memaksa bagi pemula yang masih berumur 5-6 tahun langsung puasa sehari.  Latih anak sedikit demi sedikit.  Bisa dimulai 4 jam atau 6 jam berbuka kemudian lanjut kembali. 

Beberapa hari kemudian tambah lagi waktunya.  Di sini butuh kesabaran dan kemantapan hati orangtua.  Sebab,  jika tidak tega akan termakan rengekan anak.  Lihat juga kondisi anak.  Benar-benar sehat atau tidak. 

2. Jangan banyak aktivitas fisik 

Anak-anak identik dengan aktif bergerak.  Selama berpuasa ajak anak mengurangi permainan-permainan yang banyak menguras tenaga. 

Baca Juga : Mengajarkan Anak Membaca Sejak Bayi

Misalnya main congklak,  rumah-rumahan,  tebak-tebakan dan lain-lain.  Tetap menyenangkan tapi tidak membutukan banyak tenaga. 

3. Beri hadiah

Untuk menambah semangat anak,  orangtua bisa memberi hadiah.  Tidak harus yang mahal.  Misal jika mampu puasa satu bulan penuh akan dibelikan mukena atau pakaian.  Bisa juga dengan hadiah yang sedang diinginkan anak. 

Ketiga langkah kecil itu hanya sebagian yang bisa Anda coba.  Tetap semangat mengajak anak berlatih puasa.  

Puasa bisa melatih mental dan kedisiplinan anak. Semoga berhasil. [WM | nad]


Tidak ada komentar untuk "3 Cara Jitu Melatih Anak Berpuasa"