5 Tips Untuk Muslimah Tetap Sehat di Bulan Ramadhan

Aktivitas ibadah bagi sebagian muslimah di Bulan Ramadan biasanya semakin meningkat.  Bangun untuk sahur,  ritme tadarus yang bertambah,  berpuasa,  Sholat Tarawih dan lain-lain.  

pixabay.com
Untuk menjaga agar badan tetap fit,  berikut 5 kiat tetap sehat di Bulan Penuh Rahmat. 

1. Istirahat Cukup

Upayakan dalam sehari tetap bisa tidur 6-8 jam.  Tidak tidur larut malam atau tidak begadang, sehingga bisa bangun untuk qiyamulail. 

2. Pastikan Sahur

Sahur menjadi bekal untuk menjalankan ibadah puasa.  Pastikan Anda bisa santap sahur agar badan mempunyai energi yang cukup untuk beraktivitas dan menjalankan puasa.  Sahur dengan menu yang sehat dan bergizi tidak harus mahal. 

"Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan." (HR. Bukhari dan Muslim) 

Seusai sahur Anda jangan langsung tidur sebab itu justru akan membuat kerja ginjal semakin berat. Pada hakikatnya puasa itu baik untuk manusia. 

"... Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 184).

3. Cukup minum air putih

Sudah cukupkah air putih yang Anda minum? Sedikitnya usahakan  minum air putih 6 gelas per hari.  Untuk mengecek apakah asupan air putih sudah cukup atau belum bisa kita lihat dari urine.  

Apabila urine berwarna bening atau agak kuning itu salah satu sudah cukup.  Jika berwarna kuning berarti porsi minum air putih masih kurang dan kalau kuning pekat itu menandakan masih sangat kurang. 

Apabila Anda kurang air putih maka bisa mengalami dehidrasi dan itu bisa berdampak fatal kepada kesehatan tubuh.

4. Konsumsi buah dan sayur 

Salah satu buah yang banyak beredar di masyarakat saat Ramadan adalah kurma.  Buah ini menjadi pilihan bagi sebagian besar muslim saat berbuka dan sahur. 

"Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum salat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air. ” (HR Abu Dawud) 

Baca Juga : Tips Agar Santan Kolak Tidak Pecah Saat Dimasak

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma." (HR. Abu Daud 2345, Ibnu Hibban 3475 dan dishahihkan al-Albani dan Syuaib al-Arnauth).

Selain kurma,  Anda bisa memilih buah-buahan lain yang disukai. Ada banyak pilihan buah seperti pisang,  jambu,  alpukat dan lain sebagainya. 

Di samping buah, Anda juga perlu konsumsi sayur.  Pemenuhan kebutuhan serat dapat diperoleh dari sayur-mayur.  Banyak pilihan sayur mayur di antaranya bayam,  brokoli,  sawi dan lain-lain.

5. Olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan kurang lebih 30 menit.  Bisa dilakukan di dalam rumah atau sambil berjemur di pagi hari.  

Bisa sekadar senam,  jalan-jalan dan gerakan-gerakan ringan lainnya. Tidak perlu lari-lari jarak jauh atau bersepeda keliling kampung.  Sebab itu justru akan menguras banyak tenaga dan kondisi sedang kurang mendukung ditengah mewabahnya virus. 

Baca Juga : Muslimah Tetap Aktif dan Produktif di Tengah Wabah Corona Coba 7 Kegiatan

Kelima tips itu bisa Anda coba sebagai upaya tetap sehat selama berpuasa.  Selain itu,  yang tak kalah pentingnya yaitu meminta kepada Allah Yang Maha Kuasa agar menganugerahkan kesehatan. Berusaha tetap senang dan berperasangka baik.  

Selamat berpuasa,  semoga tetap sehat. [WM|nad]

Tidak ada komentar untuk "5 Tips Untuk Muslimah Tetap Sehat di Bulan Ramadhan "