Lima Sayur dan Buah yang Bermanfaat Turunkan Kolesterol


Kolesterol merupakan lemak yang memiliki manfaat dalam tubuh manusia apabila jumlahnya tidak berlebih. Namun jika berlebihan, kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah dan menganggu aliran darah. Inilah yang menyebabkan selama ini kolesterol dikatakan menjadi penyebab masalah kesehatan seperti stroke, serangan jantung atau batu empedu.

Lima Sayur dan Buah yang Bermanfaat Turunkan Kolesterol
Pixabay.com

Berikut Beberapa Sayuran yang dipercaya bisa menurunkan kolesterola dalam tubuh.

Wortel

Sayuran berwarna orange ini seringkali jadi bahan untuk sup, campuran pecel maupun campuran untuk membuat gorengan semacam bakwan atau tahu susur. Wortel selain kaya akan vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata. Juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol karena mengandung serat selulosa, hemiselulosa dan membantu memperbaiki penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.

Bayam

Sayur bayam dipercaya kata akan zat besi. Bisa diolah menjadi aneka sayuran, pecel maupun keripik. Tanaman ini termasuk cepat panen dan gampang dalam perawatan sehingga cocok ditanam di halaman atau pekarangan rumah. Bayam ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga : Cara Menyimpan Madu Agar Awet dan Sehat

Buah Pisang

Buah Pisang termasuk buah yang mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Tidak heran jika buah ini banyak ditemui di seluruh Indonesia. Kandungan zat inulin dalam pisang dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol dari makanan yang kita konsumsi. Sehingga jika rutin mengonsumsi pisang kadar kolesterol dalam tubuh dapat terjaga.

Okra

Okra masih jarang ditemukan secara merata di Indonesia. Bahkan mungkin banyak yang belum mengetahuinya. Okra dipercaya menjadi salah satu makanan yang mampu menurunkan kolesterol.

Setiap 100 gram Okra terdapat 3,2 gram serat sehingga baik untuk menurunkan kolesterol tubuh.

Kale

Sayuran penurun kolesterol lainnya adalah Kale. Mirip dengan Bayam, Kale juga mengandung lutein dan karotenoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kita. Sehingga sayuran ini baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga : Menurunkan Berat Badan Secara Islami dan Alami

Meskipun demikian, kandungan zat gizi pada masing-masing sayuran dan buah tersebut berbeda-beda. Untuk lebih meyakinkan bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, sehingga kolesterol bisa diturunkan dan kebutuhan gizi bagi tubuh tetap terpenuhi.

Berolah raga terartur, menghentikan kebiasaan merokok juga efektif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sehingga perlu juga berolah raga dan menjaga pola makan agar tetap sehat dan bugar. [WM]

Tidak ada komentar untuk "Lima Sayur dan Buah yang Bermanfaat Turunkan Kolesterol"