Memilih Komunitas yang Berkualitas untuk Muslimah

Setiap muslimah pasti memiliki alasan sendiri ketika memutuskan bergabung dengan komunitas tertentu. Beberapa di antaranya sesuai dengan hobi atau kesenangan, ingin menambah teman, ingin menambah pengetahuan dan lain-lainnya. 

Memilih Komunitas yang Berkualitas untuk Muslimah
pixabay.com/geralt

Bagi muslimah yang belum bergabung dengan komunitas tertentu tidak ada salahnya ikut menjadi bagian mereka. Yuk pilih-pilih komunitas yang berkualitas.

1. Cek kegiatannya

Sebelum memilih komunitas tertentu, Anda lihat dulu kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan komunitas itu. Kegiatannya positif, bermanfaat atau tidak? Jangan asal pilih komunitas. Upayakan aktivitas di komunitas itu membawa manfaat.

2. Sesuai minat

Pilihlah komunitas yang sesuai minat Anda. Jika sesuai yang disenangi atau diinginkan maka Anda akan lebih bahagia menjalaninya. Ada banyak komunitas di sekitar Anda. Di antaranya komunitas ibu-ibu peduli ASI, komunitas pecinta lingkungan, komunitas penyayang anak-anak yatim, komunitas penulis dan lain sebagainya. 

Baca Juga : 5 Sayur dan Buah yang Bisa Turunkan Kolesterol

3. Memiliki muatan dakwah

Pilihlah komunitas yang memiliki kegiatan dakwah. Cakupan dakwah tentunya luas bisa dengan harta, lisan, tulisan dan lainnya. Agenda-agenda yang Anda pilih upayakan yang mengajak kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran.

4. Kenali orang-orangnya


Anda perlu tahu dan mengenal orang-orang dalam sebuah komunitas yang akan dipilih. Jangan sampai terjebak dan ternyata komunitas itu abal-abal atau hanya komunitas yang asal-asalan dan berisi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Islami dan Alami

5. Pilih yang Nyaman

Anda tentu ingin nyaman berada di sebuah komunitas, baik untuk berbagi, berkomunikasi dan beraktivitas. Untuk itu, pandai-pandailah memilih komunitas-komunitas yang akan membuat Anda nyaman, aman dan senang.

Bergabung di sebuah komunitas supaya tidak berharap terlalu banyak Anda akan mendapatkan imbalan. Sebab, biasanya komunitas terdiri atas relawan-relawan atau volunter. Niatkan ibadah dan berkah. Selamat memilih komunitas yang berkualitas. 

Semoga bermanfaat. [WM | nad]

Tidak ada komentar untuk "Memilih Komunitas yang Berkualitas untuk Muslimah"