Mengasah Kemandirian Anak Balita dengan Aktifitas Harian


Kemandirian anak tidak diperoleh dengan tiba-tiba, melainkan perlu dilatih dan mendapat rangsangan dari lingkungan sekitar. Anak yang dibiasakan untuk mandiri sejak dini, sesuai dengan tahapan perkembangannya, akan memiliki peluang tumbuh sebagai pribadi yang mandiri pula.

Mengasah Kemandirian Anak Balita dengan Aktifitas Harian
Doc. Wartamuslimah

Mengapa anak lebih manja kepada kakek-neneknya ketimbang kepada orang tuanya sendiri? Mengapa anak tiba-tiba tidak mau memakai pakaiannya sendiri? Dan sebagainya. Sederet pertanyaan itu kadang muncul ketika menghadapi perubahan sikap anak.

Ifa Avianty dalam buku Bright Mom terbitan Gema Insani Press mengungkapkan cara melatih anak di bawah usia tiga tahun agar belajar mandiri. Berikut di antaranya :

Pertama, melatih anak untuk menggunakan toilet training atau pispot. Agar menarik, bunda bisa memilihkan pispot yang memiliki gambar lucu.


Kedua, biarkan anak mandi sendiri meskipun biasanya mereka bermain air dan sabun. Terpenting anak bisa menjalani kegiatannya dengan senang. Bisa juga dibelikan baby bath book, pilihkan yang ceritanya tentang cara mandi dan keasyikannya. Mereka akan belajar untuk mandi dengan baik dan benar.

Tentu saja orang tua harus memantau, dan memastikan tempat mandi yang mereka gunakan aman dari bahaya seperti benda-benda tajam, arus listrik, lubang sumur, wadah atau genangan air yang membahayakan dan semacamnya.

Ketiga, biarkan anak-anak berlatih makan sendiri. Pilihkan piring dan sendok yang mereka sukai. Ada baiknya memilihkan piring, gelas dan sendok yang aman bagi mereka, tidak mudah pecah.

Siapkan menu favorit dan sajikan secara menarik, agar kegiatan makan menjadi hal yang menyenangkan. Meskipun mungkin mereka membuat berantakan. Perlahan ajarkan adab dan tatacara makan yang baik. Tuntun untuk membaca doa dan makan dengan tertib.


Keempat, biarkan mereka memakai pakaian sendiri. Beri kesempatan anak untuk memilih pakaian yang mereka sukai. Tempatkan pakaian di lokasi yang terjangkau. Agar mereka mudah memilih pakaian sesuai selera mereka.

Perlahan ajari adab dan tata cara berpakaian, termasuk pilihan pakaian sesuai dengan peruntukannya. Seperti baju tidur, baju untuk bermain, seragam untuk ke tempat sekolah (PAUD) dan sebagainya.

Dengan memberi kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas harian secara menyenangkan. Akan membuat mereka memiliki kemandirian dan tidak selalu tergantung kepada orang lain di kemudian hari.

Selamat mencoba, Bunda!

Tidak ada komentar untuk "Mengasah Kemandirian Anak Balita dengan Aktifitas Harian"