7 Tips Muslimah Tetap Kreatif dan Produktif di Tengah-tengah Wabah

Muslimah tetap kreatif dan produktif saat Ramadan. Wabah virus corona membawa dampak yang luas. Berbagai sektor kehidupan ikut terkena imbasnya. Salah satu yang terasa yaitu sendi-sendi perekonomian sebagian masyarakat. Meski demikian, bagi sebagian orang justru membuat mereka semakin kreatif dan inovatif walaupun berada di rumah.

7 Tips Muslimah Tetap Kreatif dan Produktif di Tengah-tengah Wabah
pixabay.com/FirmBee
Nah, buat muslimah, berikut 7 tips agar tetap kreatif dan inovatif di tengah-tengah wabah virus covid-19. Selain mengisi waktu bisa menjadi cara menambah penghasilan. 
Apapun profesi Anda baik pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan sebagainya.  Jadi, tidak ada alasan mager (malas gerak).  Kuncinya yaitu ada kemauan atau niat kuat untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. 
1. Jualan Online 
Hari gini, tidak ada alasan tidak punya modal. Anda bisa menjadi reseller atau perantara. Anda pun tidak perlu punya stok barang. Yup. Menjadi pedagang online adalah salah satu cara Anda bisa berjualan. 
Baca Juga :  Lima Langkah Penting Memulai Bisnis Online
Jika bukan produk sendiri, maka Anda harus mencari partner yang benar-benar bisa dipercaya. Misal menawarkan produk dagangan teman di antaranya makanan, minuman, pakaian dan lain-lain.  Share produk-produk itu melalui grup-grup medsos, pasang status di medsos seperti WA, FB dan IG. 
Tak perlu malu atau takut selama Anda berada di jalur yang benar.  
2. Koki 
Bagi muslimah yang jago masak atau membuat makanan bisa berkreasi di rumah. Selain untuk keluarga, Anda juga bisa menawarkan ke saudara, tetangga dan teman-teman. 
Buat masakan-masakan atau aneka snack yang bisa dijual.  Apabila ingin minim risiko, buatlah produk yang tahan lama. Produksi camilan misal aneka keripik (singkong, tempe, jamur dan lain-lainnya). 
3. Youtuber 
Berada di rumah saja ternyata membuat beberapa orang semakin kreatif dengan membuat video-video dan di share di youtube. Anda pun bisa melakukannya. 
Buatlah video-video yang menarik misal cara membuat makanan tertentu, merawat badan sendiri di rumah dan tutorial-tutorial lainnya. Sebagai muslimah, Anda dapat memanfaatkan youtube untuk berdakwah. Buatlah tayangan-tayangan yang berisi pesan-pesan dakwah dengan ilustrasi yang apik dan menarik. 
Apabila ditekuni, menjadi youtuber mampu membuahkan hasil. Asalkan Anda benar-benar menekuninya dan sabar.
4. Penulis lepas 
Buat muslimah yang suka menulis, teruslah menulis yang layak Anda tulis. Anda bisa membuat cerpen, puisi, opini (gagasan). Kirim ke media-media baik cetak atau online. Jangan putus asa kalau tulisan Anda belum dimuat. Terus mencoba dan mencoba. Tuangkan ide-ide kreatif Anda.  
5. Bercocok tanam 
Anda yang senang bercocok tanam, lanjutkan hobi itu. Selain menyenangkan, bercocok tanam juga dapat membuahkan hasil. Menanam sayur mayur, buah-buahan, empon-empon dan bunga menjadi aktivitas yang asyik. 
6. Membuat Kerajinan 
Sebagian muslimah sangat menyukai kegiatan membuat kerajinan. Beberapa yang mudah dibuat di antaranya bros, pita rambut, keset dan bunga plastik. 
Baca Juga :  Kerja Ketik Online dan Dibayar dengan Dollar
Selain menggunakan bahan-bahan baru, Anda juga dapat mendaur ulang barang-barang bekas. Sebagai contoh keset dari kain perca, Anda bisa menggunakan kain-kain perca untuk membuat keset. Bunga dari gelas dan botol plastik juga menarik. 
7. Desainer 
Anda yang memiliki kemampuan mendesain bisa mulai aktif menjemput bola. Tawarkan hasil desain Anda kepada relasi-relasi yang sudah dikenal terlebih dahulu. Terus berupaya berkreasi dengan imajinasi Anda untuk mendapatkan desain yang banyak diminati. Tentu saja yang tidak melanggar norma-norma.
Ketujuh aktivitas itu hanya sebagian yang bisa Anda lakukan. Hilangkan rasa malu yang berlebihan untuk memulai sesuatu. Kita semua berharap semoga wabah ini segera usai. Selamat mencoba menjadi kreatif dan inovatif. Semoga berhasil. [nad | wm]

Tidak ada komentar untuk "7 Tips Muslimah Tetap Kreatif dan Produktif di Tengah-tengah Wabah"