Latest News

7 Cara Agar Anak Suka Makan Sayur


[WM] - Sayur merupakan sumber nutrisi penting bagi tumbuh kembang anak. Hanya saja sebagian ibu merasa kesulitan ketika ingin memberikan sayur kepada putra-putrinya. Mungkin karena rasa dasar dari sayuran yang cenderung tawar dan tidak enak.



Untuk mengatasinya, ibu bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Pertama, berikan contoh.
Orang tua atau kakak bisa memberikan contoh bahwa mereka juga menyukai sayur. Orang tua adalah role model bagi anak. Dengan melihat orang tuanya yang suka makan sayur, kemungkinan besar anak akan meniru.

Kedua, ajak mereka aktif memilih sayuran.
Anak memiliki rasa penasaran yang tinggi. Apa yang mereka lakukan akan memberikan kesan tersendiri. Untuk itu cobalah ibu mengajak mereka memilih sendiri sayuran yang akan dimasak.

Ketiga, beri pengertian manfaat sayuran lewat cerita.
Memarahi bukanlah solusi ketika anak enggan makan sayur. Sebaliknya berikan gambaran manfaat dari sayuran dengan cerita. Misal, bahwa sayuran menghasilkan ‘pahlawan vitamin’ yang berguna untuk ‘membangun benteng’ dalam tubuh kita untuk melindungi dari kuman/bakteri.

Keempat, variasikan cara memasak.
Rasa tawar sayuran bisa diatasi dengan mengolahnya menjadi menu masakan yang enak. Hal yang perlu diperhatikan ialah cara memasaknya sedapat mungkin tidak menghilangkan nutris yang ada.

Kelima, pilih jenis sayuran yang bervariasi
Sayuran dengan bentuk dan warna yang menarik bisa menjadi alternatif. Apalagi bila penyajiannya juga variatif. Misal dibentuk dengan bentuk-bentuk bunga, hiasan dan lainnya.

Keenam, makan bersama-sama
Bisa bersama keluarga dalam satu meja makan. Atau mengajak teman anak yang lain, sehingga anak menjadi semangat untuk makan sayur.

Ketujuh, kenalkan buku tentang sayuran
Terkadang anak menangkap apa yang mereka lihat atau baca. Seperti juga saat mereka menonton televisi. Sediakan buku tentang sayuran atau gambar dengan itu mereka akan lebih mengenal tentang sayuran.

Selamat berkreasi!

0 Response to "7 Cara Agar Anak Suka Makan Sayur "